14/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Jelang Romadhon, Pemdes Gunung Tiga Dua Salurkan BLT DD Kemiskinan Ektrim.

2 min read

KAUR, || BT.M — Sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Tiga II, Kecamatan Semidang Gumay, telah menyelesaikan tahap pertama penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa (DD) tahun anggaran 2023.

Kepala Desa Gunung Tiga II, Miriyadi, S.Pd mengatakan kali ini ada 18 keluarga penerima manfaat (KPM) kategori miskin ekstrem yang menerima BLT.

Untuk penyaluran BLT DD sudah dilaksanakan di balai Desa pada hari ini Kamis (16/03/2023). Kegiatan itu juga disaksikan oleh pihak kecamatan, Babinsa Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan BPB desa Gunung Tiga 2,” terangnya.

Dijelaskan Kades Miriyadi, S.Pd pada penyaluran BLT kali ini, setiap KPM menerima bantuan Rp 900 ribu. “Itu untuk bulan Januari, Februari dan Maret tahun 2023,” ujarnya.

Kades memaparkan, mekanisme penyaluran BLT DD dimulai pendataan yang dilakukan oleh pemerintah desa. Selanjutnya data tersebut disampaikan ke pemerintah daerah. Kemudian yang mengolah data adalah pemerintah daerah untuk menentukan penerimanya.

“Alhamdulillah untuk tahun ini jumlah penerima yang ditetapkan jumlahnya menurun. Pada tahun kemarin kisaran 40 persen, untuk tahun ini 10 persen, hingga 25 persen dari pagu anggaran,” paparnya.

Kades berharap, tahun depan taraf hidup warga Desa Gunung Tiga II semakin lebih baik, dan tidak ada lagi warga yang masuk daftar miskin ekstrem. “Dengan adanya bantuan blt dapat membantu warga dalam menyambut bulan Ramadhan,, Ungkapnya

“Semoga ke depan warga kami tidak ada yang miskin ekstrem lagi. Saya tekankan agar dana BLT yang diterima benar-benar bermanfaat dan bisa meringankan beban hidup. Semoga juga membantu untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari,” pungkasnya. (Iksan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *