15/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Berikut Rincian Jenis Kegiatan dan Realisasi Keuangan Partai Demokrat Tahun 2021.

2 min read
“Kantor Sekretariat DPC Partai Demokrat Kabupaten Kaur di Desa Suka Raja Kecamatan Tetap Kab. Kaur. Rabu 17/08/22.”

KAUR, || — Bantuan Keuangan Partai Politik adalah bantuan keuangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diberikan secara proporsional kepada Partai Politik yang mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten.

Dikutip dari berbagai sumber Kementerian Dalam Negeri menyatakan penggunaan bantuan keuangan partai politik prioritas digunakan untuk pendidikan politik bagi anggota partai politik dan masyarakat. Selain itu juga sebagai dana penunjang kegiatan operasional sekretariat partai politik.

Tujuan bantuan tersebut yaitu meningkatkan volume dan mutu kaderisasi partai politik yang dirancang dalam pengembangan program dan sumber daya partai, terciptanya desentralisasi kewenangan internal partai politik sehingga lebih inovatif dan mandiri, mendorong revitalisasi pola rekruitmen dan promosi kader partai untuk mencapai jenjang karier politik, serta  menghilangkan praktik politik transaksional di tubuh partai.

“Selain itu juga mendorong tumbuhnya partisipasi politik masyarakat yang lebih berkualitas melalui pendidikan politik,” peningkatan Kualitas Demokrasi pada Aspek Lembaga Demokrasi.

Masyarakat Kaur sekaligus Wakil ketua Umum Pergerakan Suara Rakyat Indonesia (PSR-I) Khairul Ihsan berharap di Kabupaten Kaur ini semoga dana bantuan keuangan Partai Politik dari Pemerintah Daerah dapat menunjang kebutuhan di tubuh partai itu sendiri.

Khairul juga berharap jangan ada hal-hal yang tidak di inginkan seperti manipulasi laporan pertanggungjawaban dan lain sebagainya tegas Khairul

Seperti diketahui di kabupaten Kaur adalah salah satu Daerah yang menyalurkan dana bantuan keuangan dari Pemda setempat.

Salah satunya berdasarkan data yang telah di himpun media ini adalah bantuan keuangan dari Partai Demokrat Tahun 2021.

Ketua Dewan Piminan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Kaur Darhan S.Ip saat di konfirmasi media ini pada pesan WhatsApp pada tanggal 13/08 membenarkan bahwa pada tahun 2021 mereka mendapatkan bantuan tersebut.

Berikut Jawaban Darhan:

Ngape Ding bantuan dana pertai Kecik Ding tape 2 kursi Suare Kecik pule  cukup la utk konterak kantur dan kegiatan Kecik kecikan Ding

Berikut rincian Rencana Anggaran Belanja (RAB) Dana Bantuan Keuangan Partai Demokrat Pada Tahun 2021.

A. Pendidikan Politik
a. Seminar Politik 2 kali/tahun realisasi 28.574.097

B. Operasional Sekretariat.
1. Administrasi Umum
a. Keperluan ATK (Belanja Rutin) 1 kali/tahun Rp. 1.000.000
b. Rapat Internal Sekretariat (Rapat Konsolidasi) 1 kali/tahun Rp. 2.000.000
b. Sewa Kantor 12 Bulan Rp. 9.000.000

2. Langganan Daya dan Jasa
a. Air Minum Rp. 800.000
b. Pembayaran Listrik 1 kali/tahun Rp. 1.200.000

3. Pemeliharaan Data dan Arsip Rp. 785.000

4. Pemeliharaan Peralatan Kantor Rp. 600.000

(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *