14/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya Air, Desa Batu Lungun Bangun Saluran Irigasi Kapiler.

2 min read

NASAL, || BT M — Desa Batu Lungun, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur,  memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk membangun jaringan irigasi kapiler sepanjang 600 meter dari buluran Curup ke sawah.

Pembangunan saluran irigasi yang kami laksanakan dianggarkan Rp 189. 753.000,- juta sumber dananya dari dana desa tahun 2023. Selasa (25/07/2023).

Kepala Desa Batu Lungun, Darmawan, mengatakan, bahwa tujuan irigasi tersebut untuk optimalisasi penggunaan sumber daya air di bidang perkebunan atau pertanian dengan menerapkan konsep kapilaritas (peristiwa naik/turun zat cair pada pembuluh atau pori-pori kecil)

Dikatakan kades Saluran pembawa atau biasa disebut saluran irigasi merupakan salah satu prasarana irigasi yang memiliki fungsi antara lain mengambil air dari sumber air, membawa atau mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian, mendistribusikan air kepada tanaman serta mengatur dan mengukur aliran air.

“Alhamdulillah, dengan adanya bangunan saluran tersebut, semoga tidak terjadi longsor. Bahkan, aliran air  menjadi lancar,” kata orang nomor satu di Desa Batu Lungun itu.

Seraya menambahkan, harapannya agar masyarakat juga ikut berperan aktif menjaga pembangunan saluran air tersebut.

“Persoalan pembangunan memang tanggung jawab pemerintah, namun peran aktif dari warga masyarakat perlu dilaksanakan, seperti jangan membuang sampah sembarangan, jangan membuat bangunan yang menghambat jalur air,” pungkasnya.(Iksan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *