23/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Terima BLT Tahap Dua, Warga Tanjung Agung Maje Sumringah.

2 min read

BT.M, || KAUR, — Pemerintah desa Tanjung Agung, kecamatan Maje, kabupaten Kaur salurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap 2 (dua) untuk periode bulan Apri, Mei, Juni, dalam sekaligus kepada 25 KPM,di Balai Desa setempat, Senin (29/05/2023).

Dalam penyaluran BLT DD yang diberikan pada KPM oleh petugas, disaksikan oleh Kepala desa di wakili oleh Sekretaris desa Tanjung Agung Julianto, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta perangkat desa.

Kepala desa Tanjung Agung Herlen Sumarni, mengatakan, BLT-DD 2023 yang disalurkan sama seperti tahap sebelumnya, untuk jumlah KPM dan besaran nominal yang diterima untuk tiga bulan sekaligus.

“Penerima BLT DD pada tahap dua ini tetap seperti tahap satu, yaitu ada 25 KPM, untuk tiap bulan mendapat 300 ribu, jadi kali ini disalurkan untuk bulan Apri, Mei Juni, maka yang diterima mereka menjadi 900 ribu,” terang kades.

Kades menjelaskan, Untuk KPM pada BLT-DD ini adalah warga lanjut usia, warga disabilitas dan warga yang memiliki penyakit kronis sehingga masuk kriteria sebagai KPM BLT-DD 2023 dan sudah ditetapkan melalui Musdes.

“Musdes itu merupakan tindak lanjut validasi data warga yang dinyatakan layak menerima BLT-DD yang sebelumnya diajukan oleh ketua RT atau tokoh masyarakat, dan InsyaAllah sudah tepat sasaran,” Jelasnya.

Sedangkan kriteria KPM, Dikatakannya, diprioritaskan yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrem, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis atau warga lanjut usia yang hidup sebatang kara, dan bukan penerima Bansos lainnya seperti BPNT dan PKH.

“Saya berharap terhadap KPM BLD-DD dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan jangan digunakan untuk yang tidak menjadi kebutuhan dasar sehari-hari,” pesan Kades.

Sementara itu, salah satu penerima dari 25 KPM di desa tersebut, dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih pada pemerintah desa Tanjung Agung karena telah mendapat BLT DD, dan pada penyaluran di tahap dua ini waktunya sangat tepat.

“Saya senang dan bersyukur mendapat bantuan, karena sebentar lagi Lebaran (Idul Adha), jadi ini bisa meringankan untuk kebutuhan saya sehari-hari terlebih di hari raya nanti,” ucapnya. (Iksan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *