14/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Untuk Membentuk Kekebalan Tubuh, 51 Orang Guru dan Siswa-Siswi SMAN 11 LK di Vaksin

2 min read

Berita Terkini.Media, || KAUR~- Sebanyak 51 Siswa-siswi dan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 11 Layanan Khusus {LK} Kaur  mengikuti Rapit Tes Antigen dan vaksinasi yang diselenggarakan pihak sekolah, kegiatan ini dalam rangka merealisasikan program Pemerintah Provinsi Bengkulu, Rabu (13/10/2021).

Jenis vaksin yang diberikan adalah jenis CoronaVac (kerap disebut SinoVac), yang diproduksi langsung oleh Biofarma. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 7.30 sampai dengan selesai, dan dilaksanakan dengan beberapa sesi untuk menghindari kerumunan. Siswa/i juga diwajibkan untuk membawa fotokopi kartu keluarga dan surat persetujuan dari orang tua murid untuk memenuhi syarat registrasi.

Adapun tahapan vaksinasi yang digelar SMAN 11 LK Kaur tersebut anatara lain:
1. Pra-registrasi (dilakukan untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi)
2. Meja screening (dilakukan pengecekan suhu, tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi)
3. Meja injeksi (proses vaksinasi berlangsung)
4. Observasi (giat menginput data pasien yang selanjutnya akan mendapatkan sertifikat vaksinasi).

“Vaksinasi itu pada umumnya bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh atau kekebalan kelompok (herd immunity), dan tujuan dari vaksinasi covid-19 ini agar seluruh masyarakat terhindar dari penyakit Covid -19 dan dapat beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,”Jelas bidan Nopi didampingi beberapa petugas Puskesmas Bintuhan lainnya,

“Ada pula efek samping yang disebabkan setelah melaksanakan vaksinasi Covid-19 berupa nyeri pada daerah suntikan, sakit kepala, mengantuk, dan demam ringan pegal-pegal.”

“Perasaan aku yang pasti seneng, karena udah lega gitu dari kemarin aku kepikiran dan lumayan deg-degan takut sama efek sampingnya dan sejauh ini sih belum ada hanya pegal-pegal saja, semoga aja sampai nanti aman-aman saja ya,” ungkap Rohmatul salah satu siswi kelas XII SMA Negeri 11 LK Kaur yang telah menerima vaksinasi tersebut.

Sementara itu kepsek SMAN 11 LK Kaur  Satarudin mengatakan, untuk mensukseskan vaksinasi tersebut pihaknya bekerjasama dengan Polsek Kaur Selatan dan Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Bintuhan.

Satarudin juga mengatakan seperti diketahui jumlah murid di SMAN 11 LK ini ada 64, tapi karna ada yang sudah melakukan vaksin di desa atau tempat tinggal mereka masing-masing, dan ada juga yang sedang mengalami sakit, seperti Asma, darah tinggi Magh, sebab kalu sedang mengalami sakit seperti itu tidak boleh di vaksin, maka yang melakukan vaksin hari ini hanya berjumlah 51 orang siswa-siswi dan guru.” jelas Satarudin kepada wartawan disela-sela pelaksanaan vaksin tersebut

Kegiatan tersebut selain melalkukan Vaksinasi, sebelumya dilaksanakan Rapit Tes Antigen untuk mengetahui sasaran yang akan mendapatkan vaksinasi Demikian Kepsek {IKSAN}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *