15/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Atasi Blank Spot, Pemda Kaur Terapkan E – Absen Dan E – Kinerja.

3 min read

KAUR, || BT.M — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kaur melalui Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian menggelar rapat Koordinasi tentang Perencanaan E – Kinerja dan E – Absensi serta mengatasi tempat Blank Spot di Kabupaten Kaur. Bertempat di Ruang Kerja Bupati Kaur Senin ( 16/10/2023 ).

Rancangan dan Ide atau inovasi kembali digagas tersebut dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital, yakni rencana penerapan Elektronik Kinerja ( E – Kinerja ) dan Elektronik Absensi ( E – Absensi ) di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Kaur.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kaur H. Lismidianto, S.H.,M.H, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretaris Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Kominfo, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta Tim IT Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Tim Icon Plus.

Sebagai bentuk keseriusan Pemda kaur melalui Dinas Kominfo dalam merancang ide atau gagasan tersebut telah menggandeng pihak Universitas Muhammadiyah Bengkulu dan Pihak Icon Plus sebagai mitra kerja dalam membantu Pemerintah daerah mengembangkan rencana penerapan E – Kinerja dan E – Absensi dilingkungan Pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Kaur menyambut baik dan mendukung sepenuhnya rencana penerapan E- Kinerja dan E- Absensi di lingkungan Pemerintah daerah.

Pada kesempatan itu Bupati Kaur menyambut baik dan mendukung sepenuhnya rencana penerapan E- Kinerja dan E- Absensi di lingkungan Pemerintah daerah.

” Saya mendukung sepenuhnya rencana ini untuk menjadikan kabupaten Kaur yang semakin digital. Demi kelanjutan rencana ini saya minta semua pihak yang terlibat untuk terus melakukan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang baik “, ujar Lismidianto.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kaur Dr. Drs. Ersan Syahfiri, M.M menambahkan “bahwa rencana ini adalah salah satu target utama didalam Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kaur ( Lismidianto – Herlian Muchrim ) saat ini. Namun dengan adanya banyak hal baru dapat dilaksanakan di tahun ini. Saya berharap dengan adanya E- Absensi dan E- Kinerja ini nanti seluruh SDM Aparatur yang ada di Pemerintahan daerah menjadi lebih produktif, efektif dan berkualitas “, ucap Sekda.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian M. Jarnawi, S. Pd.,M. Pd menjelaskan bahwa Aplikasi Elektronik Kinerja ( E-Kinerja ) dan Elektronik Absensi ( E-Absensi ) Pemerintah daerah ini dibangun berbasis Web atau biasa disebut Web Based Programming, yang mana tujuan dari pembuatan sistem aplikasi Elektronik Kinerja ( E-Kinerja ) dan Elektronik Absensi ( E – Absensi ) pemerintah daerah ini adalah untuk mempermudah pengelolaan kinerja ASN pada Instansi atau Satuan Kerja yang ada dilingkungan Pemerintah daerah, khususnya di Pemerintah daerah Kabupaten Kaur.

” Titik sentral aplikasi Elektronik Kinerja dan Elektonik Absensi ini dilakukan oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga dapat diketahui jumlah kehadiran, pembayaran uang makan, pembayaran tunjangan kinerja, pelaporan kinerja, sasaran kerja pegawai (SKP), dan penilaian prestasi kerja ASN pada satuan kerja yang ada di Pemerintah daerah “, ungkapnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Kominfo Kaur yang akrab disapa Mr “J ” itu menjelaskan berdasarkan konteks diatas Ia berharap dalam pelaksanaan teknisnya nanti pihak UMB dan pihak Manajemen Icon Plus dapat memastikan semua perangkat yang digunakan dalam pelaksanaan teknisnya nanti berjalan baik dan lancar.

Menanggapi hal tersebut pihak UMB maupun pihak Icon Plus telah sepakat melakukan kerjasama untuk membantu Pemerintah daerah kabupaten Kaur dalam penerapan E-Kinerja dan E-Absensi di lingkungan Pemerintah daerah. Melalui pembicaraan dengan Bupati Kaur Via Google Meet dalam Rapat tersebut, pihak UMB akan melakukan uji coba E- Absensi dan E-Kinerja pada bulan Desember 2023 mendatang. (** ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *