14/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Bimtek Singkronisasi New Normal Promosi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Dipasar Asia

4 min read

Beritaterkini.media (Bintuhan)- Kemenparekraf/Baparekraf Republik Indonesia bersama Komisi X DPR RI (Hj.Dewi Coryati,M.Si ) Melakukan “Bimtek Singkronisasi New Normal Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Pasar Asia” di Gedung Serba Guna Pemda Kaur Jum’at-Sabtu, 28-29 Agustus 2020.

Seperti kita ketahui Kabupaten Kaur terletak di Daerah pesisir yang begitu strategis sudah pasti banyak destinasi wisatanya, mulai dari jembatan manula (pantai manula) yang berada diperbatasan Kabupaten Kaur (Bengkulu)-Lampung, pantai laguna Merpas, Mare Sekube, Danau Kembar, pantai Wayhawang, pantai pelabuhan Linau, pantai bunga karang Bakal Makmur, pantai Cukuh Bandar Bintuhan, pantai Pengubaian, pantai aluran pandan air langkap, air terjun goa Muara Sahung dan sebagainya, yang begitu banyak menyedot perhatian para wisatawan baik dari wisatawan lokal, luar daerah dan turis mancanegara.

Kadis dinas pariwisata dan olahraga melalui Kabid Olahraga, menyampaikan kalo melihat pengalaman” pariwisata kalo objek wisata sudah banyak dikunjungi menjadikan banyak keributan untuk mengelola dengan adanya bimtek ini semoga dapat mendapatkan ilmu masalah tata kelola dengan baik dan kalo bisa ada badan hukumnya biar tidak ada keributan masalah pengelolaan kedepannya. Untuk meningkatkan daya tarik masyarakat banyak kita adakan lomba-lomba olahraga yang bersifat kemasyarakatan seperti lomba layang-layang, tarik tambang dan sebagainya hal yang kecil tapi menarik., tegas Opa Lara.

Sub Direktorat pemasaran pariwisata Regional II,  Sri Utari, menyampaikan sambutannya kami berharap bimtek ini sebagai media silaturahmi saling bertukar pikiran dan pengalaman untuk meningkatkan pariwisata yang ada dikabupaten Kaur, alangkah indahnya bengkulu ini, alangkah indahnya wisata yang ada dibengkulu ini yang begitu banyak potensi pariwisatanya dan tak kalah penting alangkah indahnya alam dan budayanya di bengkulu, saya mempunyai harapan yang sama yaitu memajukan pariwisata yang ada dibengkulu khususnya di kabupaten kaur.tutup Sri Utari

Hj. Dewi Coryati,M.Si memberikan sambutan, dalam bimtek yang kita laksanakan pada hari ini yg akan kita capai ada 2 yaitu yang pertama untuk membentuk desa wisata, kalau sudah ada kita harus membudayakan desa wisata untuk meningkat kesejahteraan masyarakat sekitar.
Yang kedua Untuk membentuk bumdes, kalau sudah ada mari kita meningkatan pengelolaan destinasi pariwasata yg ada di desa kita. Dengan demikian kalau Desa kita sudah maju bisa mengembangkan sengkor pariwisata maka akan ada juga kemajuan perekonomian di desa kita.
Dengan mengucapkan bismillahirohmanirrahim acara bimtek ini secara resmi kami buka, ibuk Hj.Dewi Coryati,M.Si

Didalam bimtek singkronisasi new normal promosi pariwisata dan ekonomi kreatif dipasar asia ini pesertanya berasal dari daerah yang mempunyai pariwisata di kaur yang berjumlah hari jum’at 28 Agustus 2020 sebanyak 50 orang dan hari sabtu 29 Agustus 2020 sebanyak 50 orang yang terbagi dalam 5 kelompok dan setiap kelompok menyampaikan persentasi tentang wisata di desanya masing” dan setalah itu melakukan sharing untuk menggali potensi” yang ada di desa wisatanya masing” yang dipandu langsung oleh Hj.Dewi Coryati,M.Si.
Saat memberikan penutupan  Hj. Dewi Coryati,M.Si manyampaikan Semoga dengan adanya bimtek ini bisa menghidupkan kembali destinasi wisata dan menghidupkan sisi ekonomi kabupaten kaur, tutup ibu Hj. Dewi Coryati, M.Si
Pada saat acara ini telah ditetapkan juga Ketua Pengelola Potensi Destinasi Pariwisata yg telah dipilih bersama dan disetujui oleh Ibu Hj.Dewi Coryati,M.Si yaitu Kisminirwan,S.Pd dari destinasi wisata Pantai Air Langkap yang akan mengomandoi setiap visi dan misi destinasi wisata yang ada dikabupaten Kaur agar berkesinambungan tidak berhenti sampai bimtek ini berakhir dan akan terus mamberikan program untuk menghidupkan dan meningkatkan pariwisata yg ada di kab.kaur.

Acaranya dimulai dari pukul 08.00-17.00 Wib yang dibuka dan ditutup langsung oleh ibu Hj.Dewi Coryati,M.Si
Perlu diketahui juga bahwa bimtek ini tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku dan sehari sebelum pelaksanaan para peserta melakukan rapid tes terlebih dahulu yang lakukan oleh panitia pelaksana.

Adapun Narasumbernya adalah :
Dr. Vitria Ariani A.Par.,Pg.Dipl., M.sc praktisi deputi bidang pariwisata (materi : Desa Wisata/Tata Kelola Destinasi Pariwisata)
Iskandar Novianto, Ak.,MSI., CFrA.,CA., QIA.,CIPSAS Kepala perwakilan BPKP Bengkulu (Materi : BUMD-Badan Usaha Milik Desa)

Hadir dalam acara tersebut
Komisi X DPR RI (Hj.Dewi Coryati,M.Si)
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf/Baparekraf RI).
Deputi Bid. Pemasaran Pariwisata
Direktorat Pemasaran Pariwisata Regional II
Kepala Perwakilan BPKP Bengkulu
Dinas Pariwisata Kabupaten.Kaur

(Edwin Pratama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *