14/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Peduli Sampah, PSR Beri Solusi Ajak Masyarakat Kaur Produktif dan Kreatif  Dengan Metode Bank Sampah.

3 min read

BT.M, || KAUR — Sampah menumpuk di beberapa titik yang ada di kabupaten kaur, hingga kini terus menjadi keluhan masyarakat, sampah yang menumpuk tidak terurus menyemburkan bau yang tak sedap bagi warga sekitar maupun yang melintas dinilai oleh warga belum ada penanganan serius dari DLH.

Ketua Umum Pergerakan Suara Rakyat Indonesia (PSRI) Rita Maryani, S.Pd menyoroti  atas hal tersebut dikataknnya bahwa keberadaan tumpukan sampah di pinggir sungai sangat menganggu kenyamanan lingkungan karena tumpukan sampah bercampur dengan berbagai sampah basah dan kering ini  karena tidak adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di lingkungan tersebut.

PSR sebagai kontrol sosial akan berusaha memberikan kontribusi agar permasalahan sampah di kaur dapat diatasi. Saat ini tengah berusaha menjalin kerjasama dg pemerintah demi sukses program penanggulangan sampah.

Melihat kondisi sampah yang sangat memperihatinkan, Ketum PSR I berharap dapat menjadi bagian dalam masyarakat peduli sampah dan besar harapan dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kaur dalam penanggulangan masalah sampah, terkhusus bisa bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kominfo Kaur sebagai media informasi, ujar Rita Maryani, S.Pd

Lanjut, Ketum PSR I juga berharap, melalui program penanggulangan sampah yang saat ini ia dan anggotanya usulkan dapat menjadi solusi penanggulangan masalah sampah Kaur, yang nantinya diharapkan bukan hanya membuat Kaur bebas sampah namun juga bisa menjadikan masyarakat Kaur Produktif dan Kreatif, tutur Rita Maryani, S.Pd.

“Harapan kami program ini nantinya bisa menjadi bagian dari metode penanggulangan sampah yang bukan hanya efektif dalam mengatasi sampah, namun juga produktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Lanjut Rita kedepannya PSRI akan bekerjasama dengan Pemkab jika di setujui, tujuannya agar keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantuk pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pendirian Desa Percontohan Bank Sampah bertujuan agar keprihatinan dan usulan dari masyarakat sekitar akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik mendapatkan solusinya. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna.

Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantuk pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.
Bank Sampah secara matematis dan logis keberlangsungan hidupnya dalam kondisi apapun saat ini memang sangat tinggi.

Aspek pertama yang menjadi jaminan keberlangsungan hidup Bank Sampah ini adalah masih banyaknya sampah-sampah berbagai jenis yang menumpuk disekitar lingkungan kita. Dengan didirikannya Bank Sampah di Desa selain menjadikan lingkungan bersih namun dapat mendukung penguatan ekonomi desa. Jelas Rita (Iks)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *