15/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Pembangunan DAK Fisik Dinas PDK Kaur, Masyarakat Berharap Lebih Prosuderal.

2 min read

KAUR, || — Salah satu sumber pembiayaan untuk mencapai sasaran pembangunan dunia pendidikan seperti di sekolah-sekolah adalah dana alokasi khusus (DAK) fisik. DAK fisik ini dimaksudkan untuk mendanai kegiatan khusus yang menjadi urusan daerah, dan merupakan prioritas nasional sesuai dengan fungsi yang merupakan perwujudan tugas pemerintahan di bidang tertentu. Khususnya dalam upaya pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pelayanan dasar masyarakat.

DAK fisik tahun anggaran 2022 saat ini pelaksanaannya sedang berjalan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya adalah Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2022.

Termasuk sasarannya Kabupaten kaur melalui Dinas Pendidikan Kaur telah menerima DAK Fisik tersebut, dalam pantauan media ini Pembangunan tersebut sedang berjalan, progresnya capaiannya berbeda ada yang baru mencapai 40-50 persen ada juga yang sudah hampir 95 persen, tinggal menunggu finishing.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kaur Sumari Melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas PDK Kaur Muslim Harun saat di konfirmasi BT.M di ruang kerjanya Selasa 12/07/22 membenarkan kalau nilai progres pekerjaan tersebut sudah seperti apa yang disampaikan itu, mudah-mudahan selesai tepat waktu tanpa ada hambatan.

Terkait tahapan proses pencairannya baru 40 % Pertama (Uang Muka) sedangkan pencairan selama 3 kali kata Muslim.

Namun pakta di lapangan banyak pekerjaan yang sudah hampir selesai. Kemungkinan mereka memakai uang pribadi dulu, saya kira tidak apa-apa dari pada pekerjaan terhambat lebih baik pakai uang pribadi walaupun itu sifatnya pinjaman. Jelas Muslim Harun Kepada BT M.

Sementara menurut salah satu masyarakat kaur Pachroul yang juga Penggiat Aktivis Kaur berharap semoga Pembanguan Baru DAK Fisik di tahun 2022 di Kabupaten Kaur ini melibatkan tim teknis seperti dinas PU-PR bidang Cifta Karya (CK) supaya lebih prosuderal Sampai Pachroul belum lama ini  (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *