15/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

Wujudkan Ketahanan Pangan, Desa Muara Jaya Kembangkan Budi Daya Lele.

2 min read

BTM, || Maje — Program ketahanan pangan Pemerintahan Desa (Pemdes) Muara Jaya yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) 20 %, realisasikan budidaya bibit ikan lele. Ini merupakan langkah berbenah serta berinovasi dalam membangun kawasan kampung sehat yang mandiri serta bebas dari COVID-19.

Sebanyak 67 kolam dan 450 ekor bibit lele perkolam dan dalam setiap kolam di siapkan 30 kg pakan, adapun sistim pengelolaan budidaya lele ini diserahkan langsung kepada mayarakat untuk di budidayakan langsung secara mandiri dalam satu rumah satu buah kolam.

Kegiatan pembagian penebaran bibit ikan Lele tersebut di serahkan langsung oleh kepala Desa Edi Ismail dan didampingi perangkatnya, di saksikan oleh Bhabinkamtibmas Desa setempat
Didik kurniawan.

Kepala Desa Muara Jaya Edi Ismail berharap kepada masyarakat agar mengelola lele ini dengan baik, agar bibit lele tersebut bisa sampai menuai hasil secara maksimal, guna untuk meningkatkan kestabilan ekonomi masyarakat dari dampak wabah Covid-19 kemaren.


Kemudian di tambahkan Kades. Menurutnya, budi daya ikan lele dengan memanfaatkan pekarangan rumah memiliki nilai yang sangat positif dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Budi daya ikan lele ini adalah suatu hal yang sangat baik dan tentunya sangat positif dalam rangka membantu masyarakat dari kesulitan-kesulitan yang dihadapi terkait dengan masalah pangan apa lagi kita masih pemulihan dari masa pandemi ini,” kata Kades kepada wartawan, Jum’at (19/08/2022).

Ia pun menjelaskan hasil dari budi daya lele ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan serta dapat dijual dalam rangka memulihkan perekonomian warga di tengah masa sulit akibat pandemi COVID-19. Lebih lanjut, Kades mengatakan pihaknya akan terus mendukung setiap inovasi maupun kegiatan masyarakat di Desa nya dalam rangka menyukseskan pembangunan di desa nya demikian Kades. (Oxi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *