15/07/2024

Berita Terkini

berita update dan terpercaya

2024, Pemkab Kaur Terapkan Sistim Aplikasi E-Kinerja dan Absensi Online.

2 min read

KAUR, || BT.M — Pemerintah Kabupaten Kaur akan segera menerapkan penggunaan aplikasi e-Kinerja dan absensi online bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh perangkat daerah setempat.

Penerapan tersebut hasil dari tindak lanjut dari kunjungan Bupati Kaur H. Lismidianto, SH., MH pada bulan Februari tahun 2023 di Data Center ICON+ Gandul  Depok Jawa Barat.

Maksud dan tujuan dalam penerapan terkait aplikasi e-Kinerja dan absensi online ASN kepada para pengelola kepegawaian perangkat daerah. Sebagai wujud implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara

Pada Tahun 2024 tunjangan penambahan penghasilan (TPP) di kabupaten kaur di rencanakan akan ada kenaikan, oleh sebab itu penerapan sistim E-kinerja dan absensi online akan di implementasikan sebagai ujud kerja nyata para ASN sesuai dengan kinerja mereka. Maka dari itu diperlukan parameter atau alat ukur kedisiplinan dan keefektifan kinerja ASN.

Bupati Kaur melalui Kepala Dinas Kominfotiksand Kaur mengatakan “Kunjungan ke Data Center tersebut untuk memastikan aplikasi yang digunakan dan seperti kecepatan cloud server dalam membaca data para ASN ketika melakukan absensi dalam waktu bersamaan tidak terjadi loading lama,” Terang Jarnawi

Dalam kunjungan ini juga dibahas beberapa database, web server dan software yang lainnya sehingga dalam minggu ini bisa diselesaikan,  insyaallah minggu depan ASN yang ada di Kabupaten Kaur bisa melakukan uji coba E-Absensi dengan catatan operator admin E-Absensi sudah menginput data-data ASN di  OPD, Kecamatan, Kelurahan dan Puskesmas.

Kadis Ia juga berharap, penerapan Aplikasi ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada ASN, sehingga penerapan aplikasi e-Kinerja dan absensi online ASN, menjadi alat ukur untuk memantau kinerja ASN secara periodik.

Disamping itu, kadis menegaskan, penerapan aplikasi e-Kinerja dan absensi online ASN sekaligus membantu memetakan kinerja ASN terkait data acuan di dalam pemberian tunjangan kinerja (Tukin).

“Bahwa e-Kinerja ini berbanding lurus dengan penambahan penghasilan, karena semakin meningkat kinerja kita dari sisi kuantitas dan kualitas, maka semakin bertambah juga pendapatan dari sisi Tukin kita,” tambahnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *